Bahaya Warna

Juli 20, 2010

Tanggal 14-16 Juli gue ditugaskan untuk membuat koneksi online dari kantor cabang yang ada di Sidoarjo ke kantor pusat yang ada di Jakarta, sesungguhnya Job gue cuma membuat interkoneksi core banking, email, dll menjadi online, tapi gak semudah itu karena pekerjaan gue selalu berhubungan dengan apa yang dinamakan dengan listrik, tau khan listrik ? klo gak tau mana sini tanganmu tak stroom sekalian hehehe.. Singkat cerita gue sampe di Bandara Juanda, ternyata gue blom ada yang jemput, untuk mengisi kekosongan waktu gue coba maen ke ATM sekedar melihat rekening apakah sudah ditransfer untuk keperluan SPJ atau belum.. nah ternyata belum, bagus banget khan? di luar daerah dibiarkan nge-gembel. Ahh sudahlah..  soal SPJ gak bisa diproses cepat yang stupid biarlah stupid, karena stupid itu bawaan lahir dan sudah ditakdirkan stupid mo diapain lagi coba? wakakakak..

Hari Rabu, setelah dijemput sampailah di kantor Sidoarjo, yang ditawarkan pertama kali oleh teman cabang adalah “Mau istirahat dulu di hotel, besok baru kerja atau gimana mas?”, jiaaah… orang kek gue ditawarin istirahat hahaha.. ya gue bilang “Gak mas.. langsung kerja aja.. soal tidur gampang, cuma merem aja beres..”, melihat kondisi TKP sangat memilukan, semua terpasang tak sesuai standar, kabel listrik without grounding, kabel data semrawut sana ke sini, sudah lah gak usah banyak mengeluh, singsingkan lengan baju dan bekerjaaa… tapi sayang, ketika diri ini sudah semangat untuk bekerja tiba-tiba menjadi semangit, gimana gak semangit? alat-alat untuk kerja semua terbatas, cabang cuma punya satu tang, satu obeng plus, satu cutter, satu tang krimping, multi tester gak ada, tone checker gak ada, punch tool gak ada, what the hell… Gondog melanda, baiklah, ku teguk segelas air dingin secara mendadak dengan maksud membekukan otak, ku tenangkan diri lalu mengajak teman cabang mencari alat-alat keliling Surabaya.

Setelah dapat semua alat, langsung bekerja.., pasang switch, pasang router, pasang modem, tapi tiba-tiba pas lagi pasang kok tangan gue ke setrum, dan setrum ini kuat sekali, mungkin kalo dikira-kira besaran setrum ini mampu menyalakan radio portable, cari boleh cari akhirnya gue dapati ternyata rak besi siku tempat battery bertengger terdapat listrik induksi yang cukup besar, mampu membuat terang lampu tespen ditangan gue.. hahaha.. well.. ternyata rak battery itu tidak disertai grounding, hmm.. good job, kerjaan gue jadi nambah, sebenernya ini bukan tanggung jawab gue, ini adalah tanggung jawab vendor UPS, kenapa pasang battery tidak disertai grounding yang memenuhi syarat, gue laporan ke pusat masalah grounding, eeehhh.. malah gue yang dibego-bego in wakakakakak…. Do’i bilang gini “Lo waktu sekolah pelajaran instalasi listrik berapa? masuk gak loe pas pelajaran listrik?” wekekekek.. listrik, elektro, waktu STM mah nomer satu,  orang-orang gak tau saklar hotel, gue udah tau duluan, layout PCB paling indah cuma gue *narsis* hwahahaha.. udah lah gak usah diperpanjang, karena diam itu emas, gak perlu orang lain tau banyak tentang gue, karena prestasi bukan adu gengsi 😛 dan waktu itu gue semakin bingung, gue udah aware masalah listrik dan grounding masih disalahin juga, seharusnya yang disalahkan itu vendornya donk? gue khan gak dibayar untuk masang battery dan grounding 😛 emang gue teknisi listrik?? walopun gue ngerti, tapi khan gak begitu caranya.. haha.. sudah.. cukup.. gue juga gak mau banyak cakap lah.. dan orang IT di cabang ternyata gak bisa dihandalkan, 40% nya aja gak sampe.. arghh.. baiklah, gue capek, gue istirahat, gue cari hotel, dan tidur..zzZzz..

Esok harinya, langsung cari kabel grounding dan skun di pasar Genteng Surabaya, serta cari alat-alat lainnya yang masih kurang. Sampe di kantor langsung gue pasang kabel Grounding warna kuning strip hijau dari rak battery ke grounding output UPS. Setelah selesai masalah lain timbul ketika gue buka Panel listrik. dan gue dapati sbb:

Warna kabel Input dari PLN tidak standar untuk 3 Fasa, jadi warna kabel kuning strip hijau dimanfaatkan sebagai kabel Fasa, kira-kira bahaya gak?? monggo difikirkan sejenak kira-kira seberapa bahaya jika melakukan kesalahan pada warna standar kabel. Gini.. gue coba melakukan test case pada EDP Cabang (Orang IT cabang) yang menangani jaringan data dan listrik di cabang. gue bilang “Oke mas.. coba sampeyan tes grounding yang ada di panel listrik pusat di bawah, yang dilantai 1, nih mas tespennya..”, EDP bilang “Baik mas.. saya coba tes dulu kebawah..”, gue tungguin agak lama dan akhirnya dia dateng sambil terengah-engah nafasnya dan berkata dengan serunya “Wahhh mas.. bahaya.. semua grounding ada listriknya.. tespen nyala Mas!!! waduh…”, gue langsung bilang “Bruwakakakak.. Gimana gak nyala? wong itu Fasa tapi kabelnya kabel grounding kok..hahaha.. untung gue modalin tespen, klo nggak lu mau ngetes pake tangan? bagus gak lu pegang tuh kabel, bisa kering lu disitu… wakakakakak”, karena emang sengaja gue modalin tespen biar fokus dia hanya ke tespen dan biar dia gak ngawur maen pegang tuh kabel, padahal EDP lulusan S1 ITS Teknik Fisika, khan konyol kalo sampe mati kesetrum gara-gara salah megang kabel.

Akhirnya masalah fasa gue biarkan aja, cukup bikin comment aja di pusat, plis.. Indonesia boleh susah, tapi untuk masalah keamanan tolong jangan susah-susah amat donk.. mosok instalasi listrik 3 fasa make kabel yang diperuntukkan 1 fasa?? seharusnya pakek kabel standar 3 fasa juga donk..

6 Tanggapan to “Bahaya Warna”

  1. tedjo Says:

    itu berarti waktu instalasinya ga diawasin… waspangnya kemana aja ??
    untung gede tuh vendor…

    :))

    Regards,
    Tedjo

  2. kimachsan Says:

    wah ok banget artikel ni. saya sebagai orang elektro juga setuju ^_^

  3. gede__(*_*) Says:

    gile bahaya banget thu,,, harus safety donk,,

  4. Toni Says:

    wah mirip pengalaman ane, beli rumah di perumahan ‘mahal’ yg, tp ternyata developernya abal-abal, bikin intalasi listriknya ngawur dikasih tau tukangnya ngeyel, tetep pasang kabel seenak jidat bapaknya.
    Kabel biru, hitam dan kuning ada yg nyambung jadi 1, prinsipnya yg penting listrilnya nyala.
    Tp herannya kok bisa lolos dari inspeks PLN?


Tinggalkan Balasan

