Sinyalku Naik

Mei 3, 2010

Sebel gak klo make modem haesdepe’a tapi internet lelet? sebel banget khan.., apalagi pas lagi penting banget buat online, sukur-sukur klo lagi dapet signal internet idup walaupun speed sangat rendah sekalipun. Well.. kali ini mencapai puncaknya, yang sebelumnya gue masih merasa nyaman dengan koneksi yang suka terputus tanpa se izin empu-nya modem, masalah koneksi dan kecepatan internet adalah masalah HUKUM RIMBA, yaitu siapa kuat dia yang menang. Gue juga gak mau didzolimi dengan koneksi yang super rendah kualitasnya.

Awalnya gue bisa memaklumi, mungkin karena tanda-tanda semakin santernya badai matahari yang memungkinkan merusak segala perangkat elektronik terutama perangkat komunikasi berbasiskan sinyal radio, Yaa.. setiap hari gue merasa udara begitu panasnya, sampai sempat berfikir untuk menghidupkan tiga buah kipas angin dirumah gue, yang mungkin efek bodohnya adalah rumah gue bisa terbang karena kebanyakan angin. Bayangkan.. lampu LED modem yang selalu senat-senut yang mengindikasikan bahwa sinyal gsm begitu rendah, terkadang ketika LED stabil pada warna Hijau tiba-tiba berubah menjadi berwarna Biru dan seketika itu juga mati dan senat-senut kembali yang menandakan bahwa signal sedang puasa senin kamis… hmff.. ditambah lagi suhu Depok yang gak biasanya menjadi kian Memanas, yang menjadi faktor utama munculnya emosi dan urat-urat kepala menegang.

Ahh.. gue coba garuk-garuk kepala hingga garuk-garuk pa**** (pahagw), tengok sana, tengok sini, jalan sana jalan sini. Sampai “Akhirnya Ku menemukanmu”.., Cekidot.. apa yang udah gue temukan ;D

Kaleng

Yaps.. Sebuah kaleng lusuh yang gue temukan diatas lemari buku, setelah modem cukup gue cemplungkan secara acak didalam kaleng, kini sinyalku naik, sinyalku gak ketiup angin lagi, koneksi anti mogok.

Dan berikut skrinsyut dari Speed yang berhasil gue peroleh setelah menggunakan Produk Kaleng Bekas ini ;D

Antum masih gak percaya sama tuh speed?, sumonggo cekidot lagi…

hehehehe.. gimana? mantab khan?.. Oia berikut skrinsyut bandwidth international nya yang berhasil gue capture dari speedtest.com.sg .. Lumayan.. gak mengecewakan.

Pasti timbul suatu pertanyaan, “kenapa sih lu bisa-bisanya terpikirkan untuk menggunakan kaleng sebagai media untuk increase signal?”, mungkin salah satu faktornya adalah pernah mendengar desas-desus antena kaleng, dan pernah juga melihat film highlander yang keluar gelombang stroom besar menjulang ke angkasa, dan secara logika antena kaleng itu bisa menaikkan kualitas signal, kali ini logika gue pun setuju, untuk pembuatan antenna kaleng dengan segala rumus seperti rumusnya SAUNAlahti itu adalah untuk meningkatkan gain dari pada signal pada tingkat yang maksimum (karena menggunakan rumus), Kalo ogut cukup menaruh modem dengan posisi acak dalam kaleng, setidaknya dengan rumus SAUNALahti bisa mencapai maksimum 11 dBi, tapi dengan cara gue yaaa kira-kira 9 dBi dapet laah.. (sok tau amat yak 😛 ),

Oia ada satu tips lagi yaitu jangan pernah menancapkan modem 3G anda langsung ke PC atau laptop, coba beri jumper kabel USB diantaranya minimal 1 Meter, untuk menghindari panas komputer atau laptop yang menginduksi komponen-komponen modem, selain itu memang sangat berpengaruh pada kualitas signal, beberapa tipe modem menyertakan kabel jumper USB sebagai perangkat antenna eksternal, jadi panjang kabel jumper juga harus disesuaikan lah, harus inget rumus r = p . l/a (tapi ya jangan panjangnya sampe 20 meter, emangnya pengen nimba air disumur? 😛 ), berbeda dengan kabel perangkat komunikasi lainnya seperti RG-58 dan kawan-kawan, untuk mereka itu semakin panjang kabel, semakin besar pula packet loss yang menyertainya.

Eh.. eh.. barusan coba download speednya dapet 2 Mbps loch… hehehe…

Akhir kata, selamat mencoba untuk anda yang merasa terdzolimi dengan signal berkualitas rendah, semoga cara ini bisa memberikan solusi.

Iklan

Satu Tanggapan to “Sinyalku Naik”

  1. PakOsu Says:

    mampir siang2. salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: