Keripik itu bernama “Jablay”

Agustus 24, 2009

Hmm…tak terasa 27 hari lagi udah mau Lebaran (masih jauh kalie) **tampolin-paijo**, hehe…maksud gue sudah 2 hari masuk 3 hari berpuasa Ramadhan, banyak ujian dalam berpuasa Ramadhan, mungkin bagi sebagian orang yang sudah mendawamkan ibadah shaum sunnah nya ujian-ujian itu tak terasa lagi bagi dirinya, mungkin si orang yang sudah mendawamkan ibadah shaum sunnah tak lagi ada sulutan api emosi yang berarti, tapi bagaimana dengan orang lain yang sudah tentu tidak mendawamkan ibadah shaum sunnahnya? wow..emosi sangat tinggi Bung! klo ibarat para jogeters yang ada di konser dangdut ada sebuah istilah “Senggol Bacok”, colek dikit koar-koar deh, Yaa hal itu harus dimaklumi dan kita seharusnya saling menjaga.

Ehem-ehem..kali ini gue gak mau ceramah, khotbah, ataupun tausiyah, walaupun gue punya keturunan mbah Buyut pemimpin Pondok Pesantren di pesisir Jogja, walaupun mbah kakung gue dulunya sebagai mudin (tukang nikahin orang) sekaligus ustadz yang sangat disegani di tempatnya beliau tinggal, semua itu nggak ngaruh sama isi blog gue kali ini (yaeala judul Postingannya aja serem :-& ). Cerita ini berawal ketika gue pulang dari kampus pada hari Jum’at kemarin, seperti biasa gue pulang dengan larutnya dan gue pun memacu motor dengan santainya hingga sampai rumah, sesampainya di rumah seperti biasa, kegiatan yang pertama gue lakukan adalah gratak kesana kemari untuk mencari sesuatu yang bisa digigit tentunya (iye..iye..gue ngaku, gue laper), yang pasti bukan tikus curut camilan gue apalagi kecoak semangit (tutup kuping, tutup mata, tutup mulut), yeah dan akhirnya gue mendapati sebotol sirup ABC orange squash berada di kulkas, tanpa banyak berfikir gue langsung ambil gelas langganan gue, lalu menuangkan sedikit sirup ke gelas tersebut dengan sedikit sentuhan es batu kotak-kotak cukup sudah menyegarkan, tengok sana tengok sini mencoba untuk mengais-ngais meja makan, meja tamu, sampai meja komputer, hingga akhirnya gue menemukan sebungkus plastik hitam yang menurut gue asing karena gak biasanya ada plastik kecil berwarna hitam tergeletak di atas meja komputer lusuh gue. Iseng punya iseng gue coba buka tuh plastik kecil berwarna hitam, kali aja isinya seonggok uang tunai pecahan Rp. 100.000,- (ngaref banget), ternyata isinya bukan uang tapi isinya adalah keripik singkong, ahh..awalnya gue kurang tertarik sama keripik singkong tersebut, karena selain ukuran kemasannya yang kecil, warnanya juga kurang menarik, merah hitam butek gimanaa gitu, udah gitu isinya kalau dilihat dari luar kemasan yang transparan cukup jelas bahwa keripik singkongnya kecil-kecil, entah bayi singkong dari mana sudah mereka cincang dengan kejamnya. Gue udah males buat buka tuh kemasan, tapi klo gak dibongkar ntar penasaran, kalo dirasain gue takut gak doyan, ahh sudahlah dan gue akhirnya memberanikan diri untuk merasakan keripik singkong tanpa label tersebut. Gigitan pertama cukup terasa bumbunya, gigitan kedua dan selanjutnya hanya ketagihan yang ada, gue berfikir “apa iya keripik singkong ini di kasih ganja, sampe-sampe ketagihan begini!”, ahh fikir gue “udah lah gak usah su’udzon, mending ngegares nih keripik deh hehe..”, tapi gue gak abisin tuh 2 bungkus keripik, lumayan pedes coy.. Klo deskripsi segi rasa, rasanya itu mmm.. Gurih, pedas lada hitam, sedikit manis, agak asin, terus ada aroma dan sedikit siluet dari udang kering atau nama kerennya eby.

Esok harinya, yaitu pada hari Sabtu siang, adek gue bilang “Mas..lu ngerasain keripik singkongnya gak yang diatas meja komputer?”, gue bilang “Ho oh…kenapa?”, adek gue bilang “Iya..Enak yak? itu keripik lagi nge-tren mas di Depok!!”, gue said “Bah…keripik singkong kok nge-tren..ada-ada aja”, adek gue bilang “Yeee..dibilangin gak percaya, itu emang lagi nge-tren di Depok, Cisalak, Cibinong..Kata si Niken juga gitu! lagi nge-tren di Sekolahannya juga”, gue bilang “Weh…yang bener loe!!”, adek gue bilang “Iya bener….Tau gak loe Mas Nama tuh keripik apaan?”, gue bilang “Mana gue tau, dibungkusnya aja gak ada sablonannya!”, adek gue bilang “Namanya Keripik JABLAY Mas!!!”, gue bilang “Bah…cemmana pulak keripik namanya JABLAY! jangan suka ngegosip loe, gue tekeQ pala lu ntar!!”, adek gue bilang “yeehhh…dia gak percaya!, gue tadinya juga gak percaya Mas, tau-tau dibungkus besarnya ada kertas tulisannya JABLAY nya gede banget!!”, akhirnya di sore hari menjelang Maghrib, gue coba jalan-jalan naek motor ditemani adek gue yang perempuan cari makanan ringan dan es buah untuk berbuka puasa di hari pertama bulan Ramadhan, dan tidak lupa mampir ke warung yang menjual keripik JABLAY tersebut. Dan berikut cuplikannya.

23082009261

Gambar lainnya berikut ini….Monggo!!

23082009262

Nih Gue perjelas lagi…..

23082009263

Nah…Gila khan? betapa kreatifnya Masyarakat kita…ya…sebuah ide cerdas, menggugah pembaharuan dunia jajanan, gue aja gak nyangka, bayangin aja “Seorang Faiza memakan keripik singkong bernama JABLAY”, suatu moment pengukir sejarah hahaha….untung rasanya enak! coba klo gak enak, coba lu bayangin udah gak enak, namanya JABLAY pulak **masya Allah**, lagi kenapa gitu kok namanya JABLAY, walaupun gue tau dari asal Akronim “JAjanan Baru LAgi Yahut”, tapi khan aduuhhh…mules perut gue klo liat tuh poto diatas =)) , Oia gue juga punya ide cerdas, Gimana klo kita bikin Keripik Singkong bernama “Keripik AKHWAT” ciakakakakak… Mungkin Gokilnya as same as Keripik Jablay kalie yak =)) **GEBUGIN-PAIJOOOOOOOO** , huh…capek gue ketawa molo…udah perut hampa, ketawa muluk lagi. Untung gue poto, coba kalo kagak, khan bisa jadi Fitnah itu. Jadi tenang aja bagi para netters yang selalu..selalu..lagi..dan lagi..kesasar terus ke Blog bodoh gue ini Gak usah khawatir, insya Allah yang gue posting 100% benar adanya, tak mengada-ada.

Buat yang penasaran sama keripik tersebut diatas, hayuk atuh mampir ke Depok dan sekitarnya, hunting warung penjual Keripik JABLAY …asli enak dah, bukan maksud promosi lhoo, lebih baik mencoba dari pada bermimpi. hehehe..udeh ah..semakin menggila nih gue, ane caw dolo ahh mo kerja lagi..mesin apsen gak bisa narik logging nya..haduh.

Iklan

4 Tanggapan to “Keripik itu bernama “Jablay””

  1. dhodie Says:

    Bwakakakakakak mau berburu jablay aaahhh

  2. ishma Says:

    wah bole tuh nyobain JaBLaY :))

  3. febriyanto Says:

    nyoba jablay juga ah, tapi ntar abis lebaran aja..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: