Es Tomat

Februari 12, 2009

Tomat..hmm, buah dambaan tukang pecel lele, karena Do’i emang make tomat sebagai bahan dasar sambel pecel lele nya, buah ini juga idaman pabrik saos ABC, Indofood, Heinz, dkk. Buah ini juga dimanfaatkan oleh industri kosmetik sebagai bahan dasar maupun bahan inti seperti masker tomat.

Tomat kaya akan Vitamin A, dan Vitamin C, serta mineral dan serat. Mengandung Zat Likopen yang notabene adalah salah satu zat Anti Oksidan, zat yang terdapat pada tomat juga bersifat anti inflamasi yaitu penyembuh luka.

Lalu ada apa dengan “ES TOMAT”, Es Tomat seinget gue itu es yang selalu dibikinin Ibu gue waktu gue kecil, yaa kira-kira umur 2 tahun, yang sampe sekarang selalu gue inget itu Ibu gue bikin Es Tomat di gelas kecil berwarna merah, biru, atau hijau. Yang sampe sekarang Ibu gue udah meninggal dunia, tetep aja gue gak tau dapet ide dari mana, sampe-sampe Ibu gue bikinin Es Tomat buat gue, seinget gue Ibu gue terakhir bikinin gue Es Tomat itu pas SMP Kelas 2, setelah itu gue yang selalu bikin sendiri.

Untungnya ada Es Tomat, kalo lagi kangen ma Ibu gue jadi gampang selain berdoa buat Ibu gue, trus buat Es Tomat selesai perkara, klo lagi stress juga gitu, tinggal buat Es Tomat langsung agak enteng pikiran, mungkin dulu klo gue stress biasanya pelariannya cuma ke rokok, tapi berhubung rokok menurut MUI itu haram, agak ill feel juga ma rokok, walopun ada rokok bertuliskan الحلال tetep aja agak gimana gitu (mungkin karena udah niat buat berhenti ngisep rokok), jadi Es Tomat-lah solusinya hehehe..

Kalo dari segi rasa, sulit diproyeksikan, karena rasa asam, rasa manis, rasa sepet, dan rasa tenang berbaur jadi satu (I Think). Terakhir itu gue baru nyadar, ternyata ketika gue menikmati Es Tomat itu tanpa disengaja dan disadari ternyata gue melamun ketika menikmati segarnya Es Tomat itu.

Komposisinya gimana sih Jo’?, ehemm…ok, mudah kok Cukup sediakan :

  1. Tomat Segar, bisa berwarna merah atau hijau, lebih baik yang berwarna merah, trus juga pilih tomat yang kulitnya masih kencang (seperti bayi montok), jangan lupa pilih tomat yang size-nya besar. Biasanya sih gue cuma pakek satu buah Tomat segar dan besar serta berwarna merah itu udah cukup buat satu gelas belimbing (gelas Es CendoL).
  2. Gula Pasir, yak…bahan kedua yang terpenting adalah gula pasir, inget harus pakek kata-kata “gula”, patut diinget gula dan pasir adalah dua hal yang berbeda. Klo gue sih biasanya pakek 2 sendok makan gula pasir, kadang-kadang juga gue lebihin sih..yaa palingan setengah sendok lagi, karena berdasarkan pengalaman lidah gue, rasa asam pada Es Tomat lebih dominan, (inget 2 sendok makan, bukan 2 mobil kijang).
  3. Es Batu, bahan ketiga kali ini adalah Es Batu, sekali lagi jangan pernah memisahkan kata Es dari “Es Batu”, karena Es dan Batu adalah dua hal yang sangat berbeda, gue biasanya sih cukup 6 buah kotak-kotak Es Batu.
  4. Nah yang terakhir dan yang terpenting adalah…..apa hayoo..?, apaa..? Salahhh…bukan minyak tanah…trus apa hayoo..? sapa yang bisa jawab..? apaa..? salahhh…bukan Air Accu, tapi yang bener adalah Air Mineral.

Trus buatnya gimane Jo’?, gampang bangett, ikutin langkah-langkah berikut ini :

  1. Yang pertama adalah masukkan 2 sendok makan gula pasir kedalam gelas pilihan anda. Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan gelas Bapak anda tanpa se-izin Bapak anda, karena nanti Es Tomatnya jadi gak Barokah.
  2. Yang kedua adalah tuangkan Air panas (bisa dari termos, atau jika anda tergolong orang berada bisa pakek air panas dari Wisata Pemandian Air Panas Ciater), air panas yang dibutuhkan hanya sedikit yaitu antara 1/4 atau 1/3 gelas anda. Lalu aduklah gula pasir dengan air panas tersebut.
  3. Langkah yang ketiga adalah iris tipis-tipis dari buah tomat yang udah disiapin langsung ke dalam gelas, iris habis buah tomatnya jangan ada yang disisakan. Sekali lagi penting dicatat, yang digunakan adalah Buah Tomat, bukan pohon tomat.
  4. Setelah Buah Tomat dimasukkan ke gelas bersama dengan air gula, langkah selanjutnya adalah masukkan Es Batu yang sudah disiapkan tadi kedalam gelas.
  5. Nah Setelah air gula, irisan tipis buah tomat, dan es batu, tengah bercengkerama didalam gelas anda, biarkan sejenak 20 detik, lalu yang terakhir masukkan air mineral bersuhu normal, atau bisa juga menggunakan air mineral dingin hingga 7/8 dari gelas anda, lalu aduk ringan sebentar.
  6. Siap dihidangkan.

Trus gimana Jo’ cara menikmatinya..?, nah semua itu ada seni-nya…klo cara gue sih cuma duduk di beranda rumah, trus sediain makanan kecil kayak kerupuk miskin (kerupuk yang digoreng pakek pasir), kacang atom, atau makanan kecil lainnya (menurut gue sih prioritaskan makanan kecil rasa asin), trus nikmatin dah tuh makanan kecil dengan seruputan Es Tomat, dengan sesekali memakan irisan tipis Buah Tomat yang tengah bercengkerama didalam gelas anda.

Satu hal terakhir yaitu jika Es Tomat selesai dibuat harus cepat-cepat dinikmati, klo soal makanan kecil itu cuma pelengkap aja, jangan sampe cuma gara-gara beli kerupuk dan ternyata warung penjual kerupuk tutup trus mesti cari warung lain…aduuuh kelamaan deh.

Selamat Mencoba.

Greetz to :

– My Lovely Mother

Iklan

3 Tanggapan to “Es Tomat”

  1. yuli Says:

    hm..begitu toh pembuatan es tomat versi lo yak?
    klo gue diajarin ama mama begini…ga pk ribet.

    1. sediakan 1 tomat/terserah sih mau berapa tomat asal bisa mngatur komposisinya ajah (pilih tomat buah, karena ada berbagai jenis, tomat buah itu size nya agak besar daripada tomat biasa, dan rasanya lebih manis dan rasa asam tdk terlalu dominan, tp klo g ada ya..yg biasa juga enak) n bethul pilih yg kenceng plus merah.
    2. sediakan gelas dan gula, boleh pk es batu atau sediain tomat yg dingin.

    caranya…
    1. potong tomat (kasar ajah…g usah diiris..sat..set..sat..set.. jadi, taro di gelas.
    2. tambahin gula 1 sendok makan ajah(utk 1 tomat), ato plg engga tambah setengah sendok lagi (selera masing2 sehh…kan tomatnya udah manis).
    3. nah yg ini asik nih… boleh dikasih es batu or engga,,, trus bejek2 deh ampe aer tomat plus gula nyampur..n ma’nyus lah…n karena kita hanya menggunakan es saja tanpa air tambahan, jadi rasa tomat yg manis2 gituh..wuiihh..kentel2 gimana gitu..ga kelebihan aer.

    selamat mencoba..!
    biasanya gw bikin sebelum buka puasa…
    ga perlu waktu lama..
    (maap kepanjangan)

  2. faiza Says:

    Boleh dicoba tuh 😀
    Oia…klo boleh tau, mbejeKnya pakek apaan yak …? **gak-mau-su’udzon**


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: