Setan

November 27, 2008

Ehemm..ehemm…tenang aja brur..judulnya gak ada maksut buat ngatain lu! =)) tapi klo lu merasa..yaa maaf, karena semua ini diluar skenario gue. Kenapa judulnya setan? yaa..kali ini gue cuma mo berbagi pengalaman. Klo kata buku Sinar Dunia mah “Experience is The Best Teacher”, emang bener sih pengalaman adalah guru yang terbaik.

Ok, kita mulai..Pertama kali gue liat makhluk halus itu kira-kira kelas 1 SD, waktu itu posisi lagi di kampung, daerah Klaten Jawa Tengah, kota kelahiran Ibu gue. Waktu itu lagi nyari-nyari bokap gue, karena emang waktu gue kecil (woelah kek pernah kecil aj Jo) klo udah malem pengen tidur, klo gak ada kedua orang tua gue gak bisa tidur, nah waktu itu di rumah gue yang di kampung ada Ibu, cuma bokap keknya lagi keluar ketempat sanak saudara yang lain, waktu itu udah jam 11 malem klo gak salah. Y udah gue ajak aj Ibu gue buat nyari bokap, pas lagi jalan deket jembatan gue duduk di teras rumah orang, trus gue gak sengaja ngeliat atas genteng rumah seberang jalan. Pas gue liat ke atas langsung ngeliat Seonggok daging **halah**, bukan..maksud gue tiba-tiba mata gue tertuju melihat..melihatt….me..lihaatt, aduh gak tega gue nulisnya 😀 gue melihat sesosok makhluk halus, yang kebanyakan orang menyebutnya “POCONG”, terserah lah yang mau percaya gue syukur gak y udah (tinggal tunggu waktu, diunjukin ama Allah bentuk pocong kek gimana…emmoyyy), nah jujur neh sepengalaman gue dan sepengelihatan gue yang insya Allah gak dusta, bentuk pocong yang gue liat itu, tinggi besar, dan bentuknya memang seperti mayit yang di kafani, trus suasana disekitar penampakan si pocong itu terlihat bentuk kabut-kabut tipis, nah yang terakhir neh deskripsi dari gue, matanya itu berwarna biru menyala, trus mukanya itu hitam legam. aduhh…lumayan jiper juga gue diliatin ma tuh copong..jadi Ge Er gue diliatin ma copong =)) nah pas gue perhatiin dari jauh, gue udah yakin klo itu emang pocong, soalnya gue pernah inget ma pilem-pilem horor indonesia, kalo bentuk pocong kek gitu, langsung aja gue bilang ma Ibu gue “Bu…itu ada pocong di atas genteng rumah!”, kata Ibu gue “Mana…ahh bukan itu, itu palingan buah nangka yang dikarungin”, gue sejenak sih mikir ada benernya juga, bisa jadi emang nangka dikarungin, tapii…mosok nangka tinggi gede, ada matanya menyala berwarna biru, macam mana nangka kek gitu, trus gue ngomong lagi ke Ibu “ahh..Bu, yang bener aj itu nangka…itu mah poconggg, bener itu pocong..!!!”, Ibu gue gak ngerespon. Pas udah di rumah waktu gue pengen tidur, gue gak sengaja ndengerin pembicaraan Ibu gue ke Bhude gue, inti pembicaraannya itu Ibu gue bilang ke budhe gue klo Ibu gue sama gue itu ngeliat pocong di sebrang jalan. Wehh…gue denger kek gitu langsung kaget, ternyata emang bener yang gue liat itu pocong.

Kejadian kedua, keknya seinget gue waktu itu gue kelas 3 SD, jam udah menunjukkan waktu maghrib, seinget gue juga udah terdengar adzan maghrib, tapi waktu itu Ibu gue keknya abis sholat terus makan, cuma Ibu gue emang klo makan sama kek gue, musti make kerupuk. Nah waktu itu Ibu gue nyuruh beli kerupuk di warung, cuma gue ogah-ogahan (emang dasar males sih) tapi gue berdalih masih waktu maghrib, gak baek buat keluar rumah (padahal mah emang males). Akhirnya gue kalah, gue jalan ke warung buat beli kerupuk. Pas balik dari warung beli kerupuk, gue sih jalan biasa aja, cuma emang perasaan kurang enak aja, jalanan sepi, kek gak ada tanda-tanda kehidupan. Nah pas sampe dibawah pohon sirsak, gue berpapasan sama cewe ber-rambut panjang, sekilas sih gue liat bajunya putih semua, terus klo jalan nunduk, pas gue liat matanya secara sekilas kelihatan janggal menurut gue, remeng-remeng gue liat matanya itu besar sebesar cawan (mangkoknya abang yang jual wedang jahe), gue langsung jalan cepet (bukan ngibrit mode fast lhoo) pas sampe rumah gue nanya ma bokap., “Pak…ciri-ciri kuntilanak itu gimana?” trus bokap said “Biasanya sih bajunya putih, trus rambutnya panjang, trus matanya juga gede, biasanya sih gedenya kayak mangkok itu…”, bah sontak gue terdiem sejenak, otak gue tiba-tiba Not Responding…ternyata yang gue liat itu keknya emang bener kuntilanak. Pantesan aja pas berpapasan itu kok leher gue merinding gitu. GrrRrr..

Kejadian ketiga, klo yang ini mah gak serem waktu itu gue masih smp kelas 2 klo gak salah, waktu itu gue balik dari pergi trus naek mobil pas sampe tikungan di jalan perindustrian, atau orang sekitar bilang daerah timah, gue n bokap ngelewatin jalanan sepi, kanan kiri yang ada cuma tembok tinggi, trus tau-tau bokap said “Tuh liat tuh ada tuyuL…”, gue bilang “Mana..?”, bokap nyaut (sembari ngasih lampu jauh mobil) “Itu tuh…tuh, khan ada dua orang lagi jalan, nah disampingnya itu ada tuyuL”, gue said “Ih iya..bener sih ada anak kecil, lagi megangin kantong celana orang tapi apa itu tuyuL..? ahh gak mungkin ahhh…”, bokap said “Yee bener…ntar deh klo gak percaya pas kita papasan kamu liat, ada gak anak kecil yang tadi” dan ternyata bener, pas papasan melewati kedua orang itu gue gak liat sama sekali ada anak kecil disitu, bentuk tuyul yang gue liat itu persis kayak di pilem-pilem, sosoknya kecil kayak anak kecil, bertelanjang dada, cuma make kalep, kepalanya juga botak (gue juga heran kok bisa-bisanya tuh tuyuL palanya botak, emang di dunia Jin ada barber shop yakk…).

Kejadian keempat, Keknya yang ini gue udah kelas 1 STM, huahahahaha…yang ini kejadian paling konyoL setau gue, waktu itu gue ke tempatnya Mbokdhe, pas lagi ke dalem ruangan bekasnya simbah gue liat banyak makanan, ada buah-buahan macem jeruk, rambutan, jambu, trus ada makanan kue-kue, ada nasi, ada teh, kopi, ada susu, ada bubur sumsum warna cokelat sama bubur sumsum warna putih, strus juga ada rokok apaan tauk, secara naluri maruk gue menggebu, mana blom makan, dengan wajah bringasan bin blingsatan dengan segera gue ambil kue-kue itu, tapi pas udah gue ambil, ada yang aneh, mata gue seketika tertuju ke satu arah, nah disitu dideket para makanan itu pada meeting, gue ngeliat ada seonggok..**halah seonggok molo**, gue ngeliat ada sebuah lilin merah menyala, padahal diruangan itu lampu udah nyala, tapi ngapa si lilin musti dinyalain, gue sih berfikir..owhhh mungkin supaya gak ada laler kale yak…cuma kenapa musti lilin warna merah, padahal dideket situ ada lilin berwarna putih..edd dah udah kek lagi ngepet aja eneh..y udah dengan perasaan yang sedikit jiper, emang sih dikampung Ibu gue masih banyak orang yang berfikir tradisional banget, seharusnya tuh gak usah di taroin sajen makanan, jaman modern gini dikasih sajen makanan, bah, sekarang mah klo mo ngasih sajen tuh yang modern dikit ngapah, taro aja duit ceban buat sajen, biar si Jin yang beli sendiri terserah mo beli apaan, mo beli soto kek, mo beli nasi goreng kek, mo beli pecel kek, es buah kek, gado-gado kek, mpek-mpek kek, kue pancong kek, trus lagian udah modern gini masi aja makan buah konvensional, jaman udah modern, konsumsi buah mah sekarang di Juice, kasih sajen tuh Juice strawberry gitu (nah klo udah gini yang makan namanya Jin Paijo hahaha..). Back to topic, nah gue balikin aja itu kue-kue yang sempet gue genggem ke tempat semula. Pas gue keluar ruangan, terus duduk dibangku, secara gak sengaja gue ngeliat ada makhluk gwuede bangettt, kakinya ditanah kepalanya diatap, tinggi gede, badannya juga gede, terus berbulu udah kek kingkong. Pas gue tanya ke bokap “Pak klo makhluk jin yang badannya gede, trus berbulu, tinggi, itu sejenis apa yak..?”, bokap nyaut “Woohh..itu mah Genderuwo namanya, kenapa emangnya?”, gue nyaut “Nggak…itu tadi, anu, liat yang kayak gitu dideket pintu ruangan dalemmm…”, ternyata yang gue liat itu genderuwo, gue sih mikir apa jangan-jangan gue mo ngambil kue terus dia nongol nunjukkin diri ke gue?, mosok pelit amat yak genderuwo, mintak kue dikit aja pelit bener..

Klo cuma klebatan yang lewat sih udah biasa, tapi klo sampe mewujudkan diri itu yang jarang 😀 ,Oia..waktu gue nginep di kantor, pas tidur kuping gue ada yang mbisikin, suaranya kek cewe, langsung aja gue bangkit dari tidur, ya kaget lah…secara gue di kantor tidur sendirian, tau-tau ada yang mbisikin, suara cewek pulak. Klo gue tidur di Transjakarta trus berasa ada suara cewek yang mbisikin sih gak masalah, paling kemungkinan klo gak cewek cakep ya cewek jelek la yang mbisikkin gue, nah ini gue dikantor sendirian tidur, terus berasa ada yang mbisikkin, kira-kira apaan..? cewe cakep, cewek jelek gitu..? yang ada kuntilanak cakep sama kuntilanak jelek..!!! macam mana kuntilanak bisa cakep..? klo cakepnya kek gitu gimana jeleknya..? anjridd..Mana sering ada yang mondar mandir di lorong deket ruangan gue lagi, keknya sih make baju putih rambut panjang…grrRrr…Alhamdulillah gue sampe sekarang kagak takut sama yang namanya Syaithon Nirojim, secara gue jauh lebih serem dari mereka hahahaha..Pernah waktu itu gue nanya sama seseorang buat konsul, gue nanya “Boss..menurut ente, kenapa ada manusia yang bisa melihat wujud syaithon, tapi kebanyakan orang gak bisa melihat wujud syaithon..?, ane masalahnya suka ngeliat wujud Syaithon, kira-kira kenapa yak..?”, do’i menjawab “Owhh…itu berarti Iman antum lagi Futur”, wakss..Futur makanan macam apa lagi itu, futur apa future, haduh nambah gak mudheng, gue nanya balik “Futur teh naon, Kang?”, do’i njawab “Futur itu kondisi dimana kita sedang lemah”, eddd dah iman gue lemah =)) khan kejadian setelah ngeliat baru jiper dikit, kalo sebelum ngeliat udah berasa ketakutan,nah itu baru yang dinamakan Futur iman gue.., gue mah gak takut ma syaithon, klo jiper dikit ho oh.. =)) secara bentuknya yang gak lazim gue liat, yaa wajar la jiper dikit.

Saran gue, jangan iseng dah, mentang-mentang maruk jangan sampe sajen aja pengen lu cicipin, jangan…jangan..itu gak baek. Klo ketempat sepi gak usah takut, selalu inget sama Allah. Pokoke pikir aja Setan itu gak ada apa-apanya klo kata orang-orang dulu mah SETAN sama dengan Lemper (kok jadi makanan), SETAN klo kata orang dulu artinya dibeset mah ketan. Jangan sombong sok berani sama ketan,..ehh setan maksutnya, klo ketan mah semua orang juga berani yee nggak? tinggal lephh..hehehe, trus juga jangan ketakutan, karena dari ketakutan terhadap setan barulah terjadi yang dinamakan futur. Selalu waspada, jangan pernah menganggap enteng adat istiadat dan budaya setempat, trus satu lagi nih yang terakhir…selalu inget “Iyya kana’ budu wa iyya kanas ta’in”, bagi umat muslim yang nggak tau artinya tuh ayat berarti lu gak cocok hidup di darat, cocoknya hidup di laut..hush ke laut aja luh sonoh!!!

_psyCHo Original Thinking | Never Crossing In My Mind

Iklan

7 Tanggapan to “Setan”

  1. yruonktyl Says:

    Assalamu’alaikum..
    Hadooh, tanggung jawab lo! Perut gw sakit nih…

  2. faiza Says:

    walaikumsalam.
    ha? kenapa?

    **clingak-clinguk** **bersediaa-siyaappp-yak** **kaboooooooooorrrrrrrrrrrrrrrrrr**

  3. ishma Says:

    lahh.. kok pas liat saya gak sekalian di posting sih

    :mrgreen:

    weeee ‘ndut

  4. adalana Says:

    kalo sajenny malah dikasih gmn??mksdny malah disuruh makan2in…

  5. faiza Says:

    @kodok
    auk

    @adalana
    Yaa..Alhamdulillah…. matur suwun sangettt… hehehe

  6. iwan Says:

    hmmm…serem juga pengalamanya mungkin sampeyan itu lahirnya senin kliwon jadi gak cocok hidup di darat makanya sering liat yang kayak gituan sampeyan cocoknya hidup di air jadi ikan hiu apa buaya hahahahahahah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: